Stun MeStun MeStun Me

Cari Apa yang Kamu Mau!

Mau ke Mana?

Budaya Nasional, dari Sabang sampai Merauke

Negara kita, Indonesia, adalah negara yang sangat besar dan luas. Indonesia juga adalah negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Dengan penduduk dan luas wilayah yang sangat besar, Indonesia memiliki keragaman suku dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Budaya itu kemudian disebut dengan Budaya Nasional.

Menurut TAP MPR No.II tahun 1998, budaya nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya. Kebudayaan nasional juga mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa.

Bagaimana, apakah kamu mengerti? Memang, kata-kata diatas agak sulit dimengerti. Namun yang pasti, Budaya Indonesia telah hidup dari waktu yang sejak lama dan diwariskan dari generasi ke generasi. Entah itu budaya baik atau buruk, tradisional atau modern, tetapi jika sudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dalam kurun waktu yang lama, maka itu akan menjadi Budaya Indonesia.

Sudah dijelaskan tadi diatas, Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya. Bisa itu budaya dalam artian seni, seperti seni musik, seni rupa, seni tari, atau seni teater. Bisa budaya dalam arti cara berpakaian atau berbahasa. Pokoknya, buanyak deh! Tingkah laku pun bisa juga menjadi budaya. Maka dari itu, lestarikan budaya Indonesia! Kan sayang, kalau anak cucu kita tidak dapat mengetahui budaya Indonesia secara langsung, tetapi hanya dari cerita orang tuanya. Tapi, budaya yang baik ya!

Sumber:www.wikipedia.org

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar