Stun MeStun MeStun Me

Cari Apa yang Kamu Mau!

Mau ke Mana?

Teknologi (1), TV yang terus Maju

Kalian semua pasti tau televisi (TV) kan? Hampir di setiap rumah di dunia ini, ada TV-nya. Namun, apa kalian tau bagaimana sejarah TV sampai kita bisa menikmatinya sekarang? Apa, kalian belum tau?! Ok, kalau begitu baca terus post ini, ya!

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang memiliki arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Memang itu fungsinya, bukan?

TV pertama kali ditemukan oleh George Carey pada tahun 1876. Tapi, bentuknya nggak langsung jadi kayak TV jaman sekarang. Yang ia buat masih berbentuk selenium camera, yang memiliki gambaran supaya seseorang dapat melihat listrik. Perkembangan itu terus berlanjut. Sampai pada tahun 1884, Paul Nipkov, seorang ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis. Ini adalah cikal bakal Televisi.

Tahun berganti dengan tahun, dan akhirnya pada tahun 1897, Tabung Sinar Katoda atau Cathode Ray Tube (CRT) diciptakan oleh ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi dasar televisi layar tabung. Nah, yang aneh adalah pada tahun 1900. Pada tahun ini, istilah Televisi baru digunakan. Yang menemukan istilah ini adalah Constatin Perskyl.

Waktu terus berlanjut, dan banyak orang mencoba untuk membuat TV yang lebih canggih. Mulai dari memperbesar resolusi, menyempurnakan tabung katoda, membuat TV dari hitam-putih menjadi berwarna, dan banyak lagi. Dan semua itu membuahkan hasil yang membanggakan, seperti adanya TV LCD, Plasma, dan CRT yang lebih canggih dengan hasil gambar yang lebih cemerlang dan stabil. Kita jadi bisa menikmati TV dengan mudahnya. Bahkan, zaman ini banyak ada HP (Handphone) yang menyediakan TV, sehingga kita bisa menonton TV dimana saja dan kapan saja. Menarik, bukan?

Tentunya, dekade 2000-an ini pun, manusia masih akan membuat TV menjadi lebih canggih lagi. Misalnya, mengganti siaran TV analog menjadi TV digital. Yah, kita tunggu saja!

Sumber : www.wikipedia.org

Sumber Gambar : www.google.com

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar